KALTIMOKE, BONTANG – Pelatihan public speaking yang digelar DKUMPP Kota Bontang kembali menegaskan bahwa kemampuan berkomunikasi merupakan kunci penting bagi pelaku UMKM dalam memenangkan pasar.
Bukan sekadar berbicara di depan publik, public speaking kini dipandang sebagai “the power of komunikasi” yang mampu meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan konsumen.
Kepala Bidang Koperasi DKUMPP Bontang, Muh Takwin, menjelaskan bahwa pelatihan ini menyasar seluruh pelaku UMKM dari berbagai generasi. Menurutnya, kemampuan berkomunikasi tidak hanya dibutuhkan oleh anak muda, tetapi oleh semua pelaku usaha tanpa batas usia.
“Ini tidak hanya untuk anak muda. Semua lintas generasi butuh public speaking. Apalagi yang kita latih adalah UMKM. Kita berharap, ketika UMKM terlatih dari segi komunikasinya, mereka punya potensi lebih besar untuk mendapatkan konsumen, baik secara langsung maupun online,” jelasnya
Ia menegaskan, komunikasi tidak hanya soal berbicara. Kemampuan menyampaikan pesan secara tertulis, mulai dari caption pemasaran, deskripsi produk, hingga tanggapan terhadap konsumen juga bagian penting dalam membangun citra usaha.
Takwin memberikan gambaran sederhana. Banyak produk UMKM sebenarnya berkualitas dan enak, namun tidak laku maksimal karena pelaku usahanya kesulitan menjelaskan keunggulan produk mereka.
“Bayangkan produknya bagus, enak, tapi tidak mampu mengkomunikasikan proses pemasaran. Bingung menjelaskan, atau secara verbal tidak meyakinkan. Bahkan ekspresi wajah pun bisa memengaruhi persepsi pembeli,” ujarnya.
Ia mencontohkan pengalaman umum yang sering dialami konsumen. “Kadang kita masuk ke warung atau restoran, kalau pelayanannya bagus, kita ingin kembali lagi, walaupun makanannya standar. Tapi kalau makanannya enak tapi pelayanannya tidak ramah, kita cenderung mencari tempat lain,” tambahnya.
Melalui pelatihan ini, DKUMPP berharap pelaku UMKM dapat meningkatkan cara mereka menyampaikan nilai produk, memberikan pelayanan yang lebih komunikatif, dan pada akhirnya menambah pendapatan melalui hubungan yang lebih kuat dengan konsumen.







