Lurah Berbas Tengah Gelar Pembinaan Ketua, Sekertaris dan Bendahara RT

Reporter : Saipul Anwar

BONTANG, KALTIMOKE – Guna mewujudkan lingkungan bersih dan sehat, Kelurahan Berbas Tengah gelar kegiatan pembinaan Ketua, Sekertaris dan Bendahara Rukun Tetangga (RT) se-Kelurahan Berbas Tengah, Kegiatan yang dirangkai dengan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) ini digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Berbas Tengah, Rabu 7 Agustus 2019.

Lurah Berbas Tengah, Mahfudz, mengatakkan kegiatan Pembinaan Ketua RT tersebut sengaja dirangkai dengan Deklarasi ODF agar dapat membuat seluruh RT semakin sadar akan keutamaan kebersihan lingkungan.

“Dengan pembacaan deklarasi tersebut, seluruh warga Berbas Tengah telah sepakat untuk tidak buang air besar sembarangan lagi,” ujarnya.

Kata dia, maski masih terdapat empat RT Masyarakat yang masih membuang kotoran di laut diwilayahnya, pihaknya telah sepakat bersama RT  akan mengatasi permasalahan tersebut dan segera membuat Jambat Sehat melalui dana PRODUTA di tahun 2019 ini.

“Harapan kami kedepannya, sudah tidak ada lagi masyarakat buang air sembarangan. karena sangat bahaya penyakit akibat cacing dan kuman BAB. memang belum ada yang tercatat di wilayah kami yang terkena penyakit namun akan lebih baik kita hindari sedini mungkin agar tidak terjadi,” imbuhnya.

Camat Bontang Selatan, Sarifuddin, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, dan akan terus mensuport Kelurahan dan RT dalam menjalankan Program-programnya, khususnya Pembuatan Jamban Sehat.

“ Saya telah menerima informasi dari kelurahan berbas tengah, bahwa akan ada pembuatan jamban sehat melalui anggaran produta, saya sangat mensuport kegiatan tersebut melihat masih ada empat RT di sana yang masih terpaksa BAB di atas laut dikarenakan belum ada jamban sehat di sekitar mereka,”imbuhnya.

Sekedar diketahui, hadir dalam acara tersebut, Mantan Walikota Bontang Pertama Andi Sofian Hasdam Sebagai narasumber, Ketua Forum Kota Sehat (FORKOHAT) Tingkat kota Pak Hamzah, Camat Bontang Selatan Sarifuddin ,Lurah Berbas Tengah Muhammad Mahfudz, Dr Bahauddin selaku Kepala Dinas Kesehatan, Perwakilan dari Puskesmas dua Kecamatan Bontang Selatan dan seluruh RT se-kelurahan berbas tengah. (*/adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *