Peringati Hari Buruh, BPJS Ketenagakerjaan Bontang Berikan Santunan Kepada 79 Anak Pekerja

Reporter : Mira

BONTANG, KALTIM – Masih dalam memperingati May Day atau Hari Buruh yang jatuh pada setiap 1 May, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bontang gelar buka puasa bersama di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, Selasa (5/4/2021).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), serikat pekerja atau buruh beserta para tamu undangan sebagai bentuk sinergitas.

Nampak dari pantauan reporter Kaltimoke.co.id di lokasi, acara dirangkai penyerahan secara simbolis santunan beasiswa kepada 79 anak dari 48 tenaga kerja. Kegiatan pun berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat.

Kepala BPJAMSOSTEK Bontang, Ramdani, menjelaskan santunan tersebut merupakan salah satu manfaat dari keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan. Atasnya, anak ahli waris yang masih bersekolah berhak mendapatkan santunan beasiswa pendidikan.

“Jadi selain Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja, ada juga manfaat beasiswa bagi anak tenaga kerja yang mengalami resiko sosial tersebut,” jelasnya usai kegiatan, Selasa (4/5/2021).

Selain itu, pada peringatan May Day kali ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis kepada salah satu ahli waris dari perusahaan berupa santunan meninggal dunia akibat kecelakaan kerja dengan total Rp407.071.998 dan untuk peserta lainnya diberikan santunan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun, santunan beasiswa dapat dicairkan setiap tahun secara berjenjang sesuai dengan tingkat pendidikan anak. Untuk tingkatan perguruan tinggi berhak mendapatkan bantuan senilai Rp12 juta. Tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar Rp 2 juta. Sementara Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK) senilai Rp 1,5 juta.

“Dengan total Rp174 juta per tenaga kerja dengan 2 orang anak secara berjenjang,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia berharap jaminan sosial kepada masyarakat dapat lebih baik lagi ke depannya. Khususnya bagi seluruh pekerja agar dapat merasakan manfaat dari BPJAMSOSTEK.

“Kami harap pemberian santunan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih menanggulangi resiko sosial terhadap para pekerja,” pungkasnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *