Gelar Apel Pengamanan, Kodim 0908 Siap Kawal Pilkada

Reporter : Tomy Gutama

BONTANG, KALTIMOKE РKodim 0908 Kota Bontang gelar Upacara Pengamanan Pilkada bersama jajaran Forkopimda di lapangan Makodim 0908 Bontang, Jalan Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara, Jumat (11/9/2020).

Upacara tersebut digelar dalam rangka persiapan Kodim 0908 Bontang menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Dandim 0908 Bontang, Letkol Arh Choirul Huda mengatakan bahwa TNI siap memberikan backup terhadap pihak Polri sebagai Leading Sector dalam pengamanan Pilkada tahun 2020.

“Kita akan siapkan kurang lebih 200 personil baik dari Kodim 0908/Bontang, Den Arhanud-002, serta Koramil 0908-01/Loktuan,” ujarnya.

Tentunya sharing informasi akan tetap dilaksanakan, intelegent pihaknya juga akan terus berkoordinasi aktif dengan intelegent dari kepolisian.

“Apabila ada pelanggaran maka akan di proses dengan hukum yang berlaku,” ucapnya .

Kapolres Bontang, AKBP Hanifa Martunas Siringorongi mengatakan untuk pengamanan dari Polres kami akan mengerahkan dua pertiga dari jumlah personel yang ada untuk mengamankan Pemilihan nanti.

Terkait Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang yang hanya akan di ikuti oleh 2 Pasangan Calon (Paslon) yang kemungkinan gesekan akan memanas, AKBP Hanifa menyampaikan bahwa kami dari pihak kepolisian telah memiliki Standart Operational Procedure (SOP) terkait itu.

“Tentu kita akan mengerahkan semua tim untuk itu, baik dari intelegent, Satgas dan yang lainnya,” ujarnya.

Polres Bontang yang baru dilantik pada Agustus lalu itu juga mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan pemetaan terkait hal tersebut. Untuk kemudian dapat meminimalisir konflik sambungnya.

Sementara itu, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang juga telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada. Dan terkait anggaran juga telah cair, baik untuk KPU, Bawaslu, dan pengamanan.

“Untuk anggaran pengamanan kurang lebih sekitar 5 M,” ujarnya.

Selain itu Neni juga menambahkan saya kira masyarakat Kota Bontang telah dewasa dan biasa menanggapi Pilkada yang hanya diikuti 2 Paslon.

“Dan Alhamdulillah TNI dan Polri selalu bersinergi dengan baik, dan Insya Allah Bontang akan aman,” pungkasnya. (**)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *